23 February, 2009

Inilah Zona Madina Itu !

Salah satu tugas besar Dompet Dhuafa Republika (DD) saat ini, adalah mewujudkan apa yang telah kami launching ke publik tentang Zona Madina. Sebuah kawasan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu. Zona Madina, dirancang sebagai wahana integrasi program secara menyeluruh pada suatu masyarakat di dalam suatu kawasan. Di dalamnya dikembangkan berbagai program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, baik yang bersifat sosial, ekonomi, bisnis, edukasi, dan rekreasi yang bersifat relijius.

Orientasi Zona Madina, adalah perbaikan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Meskipun masyarakat miskin atau mustahik adalah sasaran utama program, tetapi Zona Madina juga akan menjadi wahana pemberdayaan yang manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Zona Madina dipancangkan sebagai media untuk menjadi laboratorium peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin, sekaligus menjadi fasilitas bagi masyarakat kelas menengah ke atas untuk menjalin silaturahim, berdonasi, dan menikmati aura sosial dan relijius.

Zona Madina diharapkan dapat menjadi miniatur kecil bagi sebuah wilayah yang perilaku dan budaya masyarakatnya terwarnai oleh nilai-nilai Islam, sebagai mana pernah dicontohkan oleh Rasulullah saw di kota Madinah. Zona Madina diharapkan menjadi pusat penebar nilai-nilai kebajikan kepada masyarakat di sekitarnya. Bahkan dalam jangka panjang Zona Madina diharapkan menjadi program inspiratif bagi kegiatan pemanfaatan dana sosial, pemberdayaan, pengembangan bisnis dan sarana dakwah sekaligus, baik di Indonesia maupun di dunia.

Pada Zona Madina, terdapat program untuk melayani dan memberdayakan masyarakat miskin, seperti Rumah Sehat Terpadu (RST) sebuah rumah sakit gratis, Sekolah gratis (SMART Ekselensia Indonesia), pemberian dan pembinaan beasiswa (Beastudi Etos), kios-kios usaha kecil, pengembangan pertanian dan peternakan, termasuk pendampingan masayarakat dhuafa seperti Kampung Tahu di Desa Iwul. Untuk membiayai program ini menggunakan dana zakat, wakaf, infak sedekah, dan dana sosial yang secara khusus diperuntukkan untuk kepentingan tersebut.

Di Zona Madina juga terdapat sarana pelayanan masyarakat secara umum, seperti masjid dan ruang serba guna. Masjid dapat digunakan untuk sarana ibadah, dakwah, dan syiar islam lainnya. Adapun ruang serba guna dapat digunakan untuk penyelenggaraan seminar, pernikahan, pengajian, dan acara massal di dalam ruangan. Masyarakat dapat memanfaatkan tempat tersebut baik secara gratis atau dengan menyewa. Pembiayaan masjid dan ruang serba guna ini akan menggunakan dana infak/sedekah, wakaf atau dana sosial lain yang diperuntukkan untuk pembangunan masjid dan ruang serba guna.

Selain yang bersifat pemberdayaan masyarakat miskin dan pelayanan umum, di Zona Madina juga akan dikembangkan kegiatan bisnis. Beberapa aktivitas kegiatan bisnis yang akan dikembangkan adalah pendirian toko, restoran, pom bensin (SPBU), ATM center dan Kantor Kas Bank. Sarana bisnis ini dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha atau pemilik modal yang berniat menginvestasikan dananya di kawasan Zona Madina. Jangan dilupakan juga, bahwa seluruh kawasan Zona Madina akan menjadi wahana wisata sosial relijius yang memiliki potensi mendatangkan penghasilan.

Zona Madina dengan Rumah Sehat Terpadu (RST) berlokasi di Parung Bogor, Jawa Barat, didesain sebagai bagian dari pelengkap dari dua Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) DD yang sebelumnya berlokasi di Banten dan DKI Jakarta. RST ini pun akan menjadi pelengkap dari kehadiran Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) DD di Bandung, LKC di Palembang (melalui DSIM), LKC di Bali (melalui DSM), LKC di Makassar dan akan segera menyusul LKC di beberapa daerah lainnya. Sehingga dalam jangka panjang, DD berencana untuk terus memperluas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin di Indonesia.

Kami menyadari bahwa pengembangan program Zona Madina yang strategis dan bersifat jangka panjang ini, tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Oleh karena itu, kami senantiasa terbuka terhadap setiap kritik dan saran dalam rangka memperbaiki pelaksanaan Zona Madina. Karena sejak awal kami meniatkan bahwa pengembangan program Zona Madina sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT, maka setiap bentuk dukungan dalam bentuk apapun dari masyarakat, akan kami iringi dengan doa agar ia menjadi amal shaleh dengan balasan lipatan pahala dari-Nya. Amin...!

No comments: