02 January, 2009

Selamat Datang Amil Zakat Internasional !

Institut Kajian Zakat (IKaZ) Malaysia yang didukung penuh oleh Islamic Development Bank (IDB), International Zakat Organization (IZO), Departemen Wakaf, Haji dan Zakat (Jawhar) Malaysia dan berbagai organisasi dan syarikat di Malaysia telah menghelat International Zakat Executive Development (IZED) pertama di dunia. Sebuah ajang penggemblengan amil zakat bertaraf internasional yang digelar pada tanggal 15-26 Desember 2008.

Dengan mengambil tempat di kompleks Institut Latihan Islam Malaysia (ILIM) Bangi Selangor, IZED diikuti oleh wakil-wakil dari berbagai negara muslim yaitu Saudi Arabia, Oman, Nigeria, Brunei Darussalam, Indonesia dan tentu saja perwakilan tuan rumah Malaysia. Sejumlah 32 orang peserta dengan penuh semangat menyerap berbagai muatan pelajaran yang disampaikan dengan pengantar bahasa Inggris yang sesekali diselingi bahasa Arab.

Berbagai ahli dan praktisi zakat membentangkan berbagai kertas kerja dan modul. Beberapa tema yang dibahas pada ajang IZED ini adalah : peran strategis zakat, sejarah perkembangan zakat, fikih zakat, manajemen zakat, marketing zakat, teknologi & informasi zakat, enterpreneurship zakat, sistem distribusi zakat, amil zakat unggulan dan standar penilaian kinerja. Selain materi yang disajikan di dalam kelas, IZED juga diisi dengan kunjungan kerja ke Lembaga Zakat Selangor dan Pusat Pungutan Zakat Kuala Lumpur. Semakin lengkap muatan materi IZED dengan presentasi pengalaman pengelolaan zakat dari setiap negara yang menjadi peserta.

Selain bertujuan meningkatkan keahlian amil zakat di berbagai negara muslim, IZED juga bertujuan menyiapkan kader zakat internasional, sekaligus melakukan perintisan standarisasi amil zakat internasional. Yaitu sebuah upaya untuk dapat menentukan kompetensi dasar atau minimal bagi seorang amil sehingga layak untuk mengelola organisasi zakat pada level global. Dalam jangka panjang sertifikat kelulusan IZED dapat menjadi penanda bahwa seorang amil telah memenuhi kualifikasi amil zakat internasional.

Pada IZED ini juga dipaparkan rancang bangun (blue print) International Zakat Organization (IZO), sebuah organisasi zakat yang didirikan oleh negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) dalam rangka menyinergikan pengelolaan zakat di antara berbagai negara muslim. IZO akan menjadi payung sekaligus koordinator bagi seluruh organisasi zakat di berbagai negara muslim, khususnya negara anggota OKI. IZO kini telah mulai bergerak untuk mengibarkan sinergi zakat di ranah antar bangsa melalui kepemimpinan Direktur eksekutif (CEO / Managing Director) Tuan Haji Mat Hassan Esa Yang disokong penuh oleh PM Abdullah Ahmad Badawi selalu ketua OKI.

Menjelang akhir acara IZED, seluruh peserta bersepakat membuat rekomendasi yang berisikan pesan kepada seluruh negara muslim untuk :
1. Meningkatkan kolaborasi dan sinergi zakat internasional
2. Menyusun Internasional Zakat Standar
3. Melakukan peningkatan kualitas manajemen zakat dengan saling berbagi pengetahuan dan keahlian di antara organisasi zakat di dunia.
4. Meningkatkan syiar zakat melalui keterlibatan pemimpin negara muslim dan keberhasilan pendayagunaan zakat dalam mengubah hidup mustahik.

Dengan terselenggaranya IZED yang pertama ini, berarti kini sejarah zakat dunia, memasuki babak baru yaitu fase pengembangan amil berkualitas global. Selamat datang amil zakat internasional !

No comments: