19 September, 2014

SEJARAH KELAHIRAN FORUM ZAKAT

Awal tahun 1997, hampir empat tahun sejak kelahiran Dompet Dhuafa, saya ditugasi oleh Pak Erie Sudewo (pimpinan Dompet Dhuafa saat itu), untuk mengkordinasikan penggalangan dana zakat Dompet Dhuafa. Saat itu yang terpikir oleh saya adalah bagaimana caranya agar zakat tersosialisasi secara luas di masyarakat, sekaligus menarik kalangan perusahaan untuk membayar zakat. Terpikirlah untuk membuat seminar tentang zakat perusahaan sebagai sarana sosialisasi dan promosi.

Setelah usulan saya diterima Pak Erie Sudewo, persiapan pun dimulai. Dompet Dhuafa bersiap untuk menyelenggarakan Seminar Nasional :  Pengolahan Zakat, Infak, Sedekah & Wakaf di Perusahaan, saya ditunjuk sebagai Ketua Panitianya. Untuk mendukung acara, saya mendatangi beberapa lembaga zakat untuk bekerjasama guna turut serta mensponsori acara seminar tersebut. Dalam setiap kali kunjungan saya ke beberapa lembaga zakat yang diajak menjadi sponsor, terjadi pembicaraan tentang pernak-pernik pengelolaan zakat yang dialami masing-masing lembaga.

Diam-diam dari hasil pembicaraan itu, saya menangkap satu perasaan yang sama, bahwa masing-masing lembaga zakat perlu saling bertukar informasi dan bekerjasama. Setidaknya kerjasama tersebut untuk dua kepentingan utama, yaitu pertama ketika menghadapi mustahik yang sama, tetapi dibantu oleh beberapa lembaga zakat, dan kedua, untuk membuat program bersama dalam rangka membantu mustahik yang bisa dilakukan bersama.

Hasil pembicaraan ini kemudian saya sampaikan ke Pak Erie Sudewo, bahwa ada kebutuhan besar dari beberapa lembaga zakat untuk melakukan komunikasi dan bekerjasama. Saya menyampaikan kepada Pak Erie Sudewo, bahwa sebaiknya dibentuk forum komunikasi antar lembaga zakat. Setuju dengan usulan saya, Pak Erie Sudewo pun menimpali, bahwa pada acara seminar nasional pengelolaan zakat yang diadakan Dompet Dhuafa, pada bagian akhir akan dideklarasikan  pendirian forum komunikasi lembaga zakat.

Tanggal 11-12 Juli 1997, Seminar Nasional Pengolahan Zakat, Infak, Sedekah & Wakaf di Perusahaan dilangsungkan di Hotel Sahid Jakarta. Peserta yang hadir melampaui jumlah peserta yang diperkirakan. Acara seminar berlangsung antusias dan penuh persaudaraan. Pada akhir acara seminar ini dideklarasikan berdirinya Forum Zakat (FOZ) untuk memenuhi  harapan banyak lembaga zakat yang hadir pada saat itu.

Untuk menindaklanjuti deklarasi didirikannya Forum Zakat ini, dibentuklah tim konsorsium yang akan mengurusi berbagai keperluan pendirian dan kegiatan awal. Konsorsium ini terdiri dari 11 lembaga pengelola zakat, yaitu : Dompet Dhuafa Republika, BAZIS DKI Jakarta, Baitul Mal Pupuk Kujang, Baitul Mal PT. Pupuk Kaltim, Baitul Mal Pertamina, Telkom Jakarta, Bapekis Bank Bumi Daya, Lembaga Keuangan Syariah Bank Muamalat Indonesia, PT. Internusa Hasta Buana dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

Selanjutnya, pada tanggal 19 September 1997, Forum Zakat ini didaftarkan sebagai organisasi formal dengan membentuk Yayasan Forum Zakat. Pendiri Yayasan Forum Zakat ini adalah 11 lembaga yang menjadi anggota konsorsium pada saat dideklarasikan. Dalam perkembangannya, Forum Zakat tumbuh menjadi asosiasi organisasi pengelola zakat yang menghimpun banyak organisai pengelola zakat di Indonesia. Sampai saat ini, Forum Zakat terus menjadi tulang punggung gerakan zakat di Indonesia. Forum Zakat juga terus berperan mewarnai perkembangan zakat di Indonesia.

Ahmad Juwaini
Ketua Umum Forum Zakat 2009 - 2012





No comments: