04 April, 2008

AIR MATA TERIMA KASIH

Bila kaum dhuafa terhimpit beban hidup, tak berdaya melawan kerasnya dunia, maka meneteskan air mata adalah solusinya. Bila orang miskin didera oleh getirnya tuntutan untuk memenuhi keperluan hidup, sementara tak ada lagi sumber daya untuk mengatasinya, maka melelehkan air mata adalah terapinya. Sehingga kadang-kadang telah kering air mata kaum dhuafa untuk mengobati derita yang mereka rasakan. Air mata bagi kalangan masyarakat dhuafa adalah identik dengan nestapa dan kesengsaraan.

Tapi akan lain apabila air mata yang dijatuhkan oleh kaum dhuafa adalah air mata kegembiraan atau air mata bahagia. Kau dhuafa juga akan meneteskan air mata apabila merasakan kesyukuran dan kebahagiaan. Air mata yang mereka gulirkan adalah ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan kepada kita yang pernah membantunya. Pengalaman ini kita temukan pada masyarakat korban bencana banjir di Sliwung Situbondo.

Sebanyak 38 kepala keluarga yang rumahnya terhempas banjir bandang Situbondo sebulan yang lalu, pada hari Rabu 26 Maret 2008 melakukan peresmian untuk memulai kehidupan di rumah baru. Mereka semua kini akan tinggal di dalam rumah yang dibangunkan dari dana donatur Dompet Dhuafa Republika. Lokasi pembangunan rumah mereka telah dipilihkan pada lokasi yang aman dari terjangan banjir, karena berada pada ketinggian yang cukup terlindung dari kemungkinan sapuan banjir.

Setelah acara peresmian selesai, maka tibalah waktunya bagi relawan Dompet Dhuafa Republika untuk pamit ke Jakarta. Tapi entah bagaimana, tanpa dikomando satu persatu warga korban banjir menyalami para relawan. Tidak hanya orang dewasa dan para remaja, tetapi juga anak-anak dan orang-orang berusia lanjut. Mereka semua secara spontan memeluk para relawan sambil menumpahkan air mata. Ucapan terima kasih diungkapkan dengan tulusnya. Bahkan do’a-doa kebaikan dan limpahan ganjaran pahala bagi kebaikan relawan dan donatur juga mengalir begitu derasnya.

Beberapa anak kecil memeluk pinggang relawan sambil berucap : “Kak, kapan datang lagi ke kampung ini ?” atau disertai ucapan : “Kak, kapan akan bermain dan bercerita bersama kami lagi ?” Seorang Bapak tua bahkan dengan penuh haru menciumi pipi seorang relawan sambil bibirnya berucap : “Terima kasih, Dik, atas segala kebaikannya, kami gak bisa membalas kebaikannya.”. Kelopak mata dari Bapak tua itu basah digenangi air mata. Menyaksikan pemandangan seperti itu, sontak, mata relawan juga berkaca-kaca menahan haru.

Tapi rupanya, rasa terima kasih mereka belum selesai. Saat para relawan itu mulai beranjak meninggalkan kampung Sliwung, secara spontan mereka berinisiatif mengarak para relawan. Dengan menggunakan sebuah mobil pick up terbuka yang dipenuhi ibu-ibu dan anak-anak, disertai belasan sepeda motor yang sudah ditempeli dengan sticker Dompet Dhuafa Republika, lagi-lagi dengan insiatif mereka sendiri, mereka mengiringi rombongan relawan. Arak-arakan itu melintasi jalan desa sepanjang tidak kurang dari 5 kilometer sampai ke ujung jalan raya di kota Situbondo. Arak-arakan itu laksana pawai kampanye sebuah partai politik pada masa kampanye yang mengundang perhatian warga yang ada di sepanjang jalan yang dilalui.

Sungguh, jika kita menyaksikan drama kemanusiaan seperti ini, hati siapa yang tidak akan terguncang ? Meskipun mereka hanya dibantu dengan penyediaan rumah semi permanen yang dibiayai dari sumbangan donatur yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, tapi nilainya di hadapan mereka sangat tinggi. Mereka begitu jujur ketika mengungkapan rasa terima kasihnya dengan segala tingkah dan ekspresi naturalitas panca indra serta tubuh mereka. Pada saat banyak manusia tidak pandai mengungkapkan rasa terima kasih meskipun telah banyak dibantu orang lain, maka perilaku mereka seolah menjadi penegur bagi kita semua. Semoga cucuran air mata dan doa kebaikan yang dialirkan mereka, pahalanya akan sampai juga kepada anda semua, para donatur sekalian. Amiin.

No comments: